Belajar Keroncong dari Malaysia

| Tuesday, May 31, 2011

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 27-29 Mei 2011 Malaysia baru saja menggelar pesta musik keroncong yang begitu megah. Pementasan kali ini dilakukan di beberapa tempat, dan salah satunya bertempat di Johor. Pementasan keroncong kali ini termasuk yang terbesar dan tergolong sukses.
Bagaimana tidak... dari beberapa musisi kita yang diundang ke sana mengatakannya secara pribadi tentang bagaimana acara tersebut diselenggarakan. Mereka mengatakan bahwa acara tersebut "heboh", begitulah komentar yang muncul. Dari beberapa group keroncong yang diundang di antaranya adalah Congrock17 dan Tirtalawu. Mereka mengatakan senada "KITA HARUS BANYAK BELAJAR DARI MALAYSIA".
Memang patut diacungi jempol, mulai dari ligthing, panggung dan sound system, semuanya didukung oleh teknisi yang handal dan sarana yang memadai, sehingga sangat menunjang sekali semua pementasan ini. Semua piranti panggung yang disediakan layaknya sebuah pentas Band, begitulah kira-kira. Terus, lha kita kapan bisa seperti itu? :)
Semua ini merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan yang besar terhadap sebuah karya seni khususnya musik keroncong. Antusiasisme dan partisipasi dari masyarakat Malaysia sendiri juga begitu besar terhadap hal ini. Menempatkan sebuah musik keroncong sebagai aset yang sangat berharga dalam lingkungan mereka. Apakah masyarakat kita juga demikian? :)
Banyak sekali hal yang sekiranya dapat kita pelajari dari ini semua. Dan kita semua harus berbesar hati dan ikut bangga dengan hal ini. Bahkan perlu juga berterimakasih pada Malaysia, bukankah begitu? Karena seni itu adalah universal.
Salam keroncong...!!!

0 comments:

Post a Comment