Reviews Gebyar Keroncong Se-Jawa 2009 Punten Batu Malang

| Saturday, September 12, 2009

Beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 1-2 Agustus 2009 telah diadakan kegiatan Gebyar Keroncong se-Jawa 2009 di desa Punten Kota Wisata Batu Malang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu Malang bekerjasama dengan PAMORI dan secara teknis pelaksanaan dipercayakan sepenuhnya kepada sebuah even organizer yaitu Quattro Media.
Kebetulan dalam acara ini aku yang tergabung dalam Orkes keroncong Gema Irama Nusantara Malang juga ikut ambil bagian. Sebelumnya aku bergabung dengan Orkes Keroncong Eshakarsanada Malang, namun karena beberapa hal akhirnya aku harus bergabung dengan O.K GIN pimpinan Bapak Mintoyo. Bagi GIN ini merupakan penampilan perdana dalam sebuah lomba keroncong. Berbekal arransemen sederhana yang aku buat sendiri tidak disangka aku bersama O.K GIN ternyata mendapatkan juara harapan 2. Suatu kebanggaan tersendiri rasanya bisa ikut memeriahkan acara ini apalagi mendapatkan juara harapan. Padahal sebelumnya aku tidak mengira akan mendapatkan nominasi karena menurutku masih banyak kekurangan secara teknis bermain maupun penampilan, tapi ternyata dewan juri berkata lain. Alhamdulillah itu yang bisa terucap dan temen-temen semua ikut bergembira. Tapi bagiku itu masih jauh dari harapanku karena secara arransemen musiknya masihlah sangat jauh dan belum apa-apa dibanding yang lain. Semoga ini bisa menjadi pemacu semangat ke depan agar lebih baik lagi.
Dalam lomba kali ini penampilan keseluruhan Orkes Keroncong rata-rata bagus, banyak sekali peningkatan baik secara teknik bermain maupun arransemen. Banyak unsur musik yang mulai masuk sehingga musik keroncong terasa lebih hidup dan semangat.
Untuk ke depan semoga musik keroncong lebih berkembang dan mendapatkan hati di masyarakat karena musik keroncong juga merupakan aset budaya bangsa yang perlu untuk dilestarikan dan dikembangkan. Tentu kita tidak mau kalau nantinya musik keroncong ini diakui oleh negara lain, bukankah begitu teman-teman...?

0 comments:

Post a Comment